5 Tips Persiapan Traveling ke India

by - April 12, 2020

Pernah ga sih bete saat travelling? Dikarenakan lack of preparation, rencana travelling kamu malah bercampur emosi dan keringat aja deh. Nah, kali ini aku bakal kasih kamu tips penting pesiapan travelling ke India. Cocok banget buat kamu yang akan menetap di sana dalam jangka waktu yang cukup lama. Walaupun sekarang bumi sedang murung dan kita harus #DiRumahAja, semoga bacaan ini bisa mengobati rasa kangen kamu untuk travelling, ya!

1. Siapkan Sunscreen

Illuminare Sun Protection Face & Body | Rp.149.000 | 

India terkenal dengan negara suhu panas di Benua Asiapanasnya bisa mencapai hingga 51 derajat Celsius. Sinar ultraviolet (UV) ini berdampak buruk pada kulit kita, loh! Selain bisa membuat kulit menjadi kering dan timbulnya flek atau bintik-bintik hitam, sinar UV dapat mengakibatkan penuaan dini. 

Apa sih perbedaan tulisan "SPF" dan "PA"?
Tentunya kedua hal ini memiliki fungsi yang berbeda. 
PA: Komponen yang melindungi kulit dari sinar UVA, sehingga kulit kita terhindar dari perubahan warna menjadi kegelapan/cokelat (suntan)
SPF: Komponen yang melindungi kulit dari sinar UVB, sehingga mencegah adanya kulit terbakar dari sinar matahari (sunburn)

Berikut yang harus kamu dicermati dalam memilih sunscreen untuk travelling ke India!💁

  • Pilihlah sunscreen dengan SPF 30-50/ PA +++
  • Kalau kamu berencana trip berenang, pilihlah waterproof sunscreen
  • Jika kamu memiliki alergi atau kulit sensitif,gunakanlah suncreen tanpa bahan kimia
  • Sunscreen jenis krim atau lotion sangat direkomendasikan sebagai sunscreen utama. 
2. Siapkan Stok Makanan 

Rendang, makanan khas Sumatera Barat

Hidangan India dikenal mempunyai cita rasa yang unik. Cayennedasar dari bumbu kari menjadi ciri khasnya. Sayangnya, menurut pendapat aku pribadi dan teman-teman yang sudah menetap di India, kami merasa sulit untuk melakukan penyesuaian lidah nusantara dengan masakan India. 😓

Berikut ini rekomendasi stok makanan yang bisa buat kamu kangen masakan nusantara: 


  • Mie instanIndomie
  • Sambal terasi
  • Tempe/ikan kering
  • Kerupuk
  • Abon
  • Dendeng/rendangfyi, India is a home for vegetarian. So, I suggest you to bring your own meat.
  • Pempek
  • Dan lainnya, yang awet cukup lama ya!
.
3. Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar Wajib Hukumnya

Ambert Fort, Jaipur

Bagi kalian yang masih berstatus mahasiswa dan pelajar, selalu bawa student ID card kemana pun kamu pergi terutama ke tourist attraction, ya! 
Sama seperti di Indonesia, pelajar akan dipungut biaya lebih murah dibandingkan sebagai foreign tourist. Harga tiket masuknya saja bisa dua kali lipat lebih mahal, loh. 
Contohnya, saat aku ke Ambert Fort, foreign students dikenakan harga tiket masuk Rs.100 (Rp.20.000) sedangkan foreign tourist Rs.500 (Rp.100.000).

4. Pastikan Kamera HP Kamu Berkualitas

Monkey Temple, Jaipur

Loh, kenapa ga pake kamera aja? Pasalnya, dibeberapa tourist attraction di India kamu dilarang menggunakan kamera, sedangkan handphone boleh dibawa. Pastinya kamu ga mau ketinggalan untuk mengabadikan momen bahagia saat travelling, kan? Ohiya, aku sangat menyarankan kamu membawa penyimpanan data seperti hardisk atau laptop biar kamu bisa berfoto dan buat vlog sesuka hatimu saat travelling!

5. Siapkan OOTD versi kamu!


The Patrika Gate, Jaipur

India terkenal dengan bangunan arsitektur yang unik dan indah, sangat Instagramable! Selalu siapkan Outfit of The Day versi kamu biar album fotomu semakin kece, tapi kamu harus menyesuaikan dengan tujuan destinasi wisatanya ya. Misalnya, kamu mau pergi ke Monkey Templemengharuskan kamu untuk berjalan kaki ke puncak bukit dan kamu memilih menggunakan heels, alhasil bukan keanggunan foto yang kamu dapat tapi paha yang pegel luar biasa hehe. Tentunya kamu ga mau kan menyiakan kesempatan ini? 

Yup, itulah dia 5 tips persiapan travelling ke India. Semoga membantu kalian untuk mempersiapkan liburan nanti, ya! 😊

You May Also Like

0 komentar