5 Hal Unik Tentang India

by - April 19, 2020


Siapa yang penasaran sama negara produksi film terbesar di dunia—bollywood? Yup, India! India adalah salah satu negara di Asia Selatan yang memiliki penduduk ke-2 terpadat di dunia setelah the People's Republic of China—mencapai lebih dari 1.3 milliar jiwa (Cencus.gov, 2019). Hal ini tentunya membuat India terkenal dengan kekayaan budayanya di dunia. Yuk, simak 5 hal unik tentang India, berdasarkan pengalaman aku, ya! 💁


1. Monyet = Kucing di Indonesia


Penampakan Pintu Masuk Kuil Monyet di Jaipur 

Salah satu hal yang paling buat aku kaget adalah banyaknya monyet liar di jalanan umum, perumahan penduduk, bahkan ada kuil monyet, loh! Important note, kamu harus berhati-hati dengan barang bawaanmu, karena monyet adalah hewan yang super jahil, lincah dan cukup berbahaya. Jangan pernah makan-makanan kesukaan mereka—pisang di tempat umum, tentunya kamu bisa diserang oleh mereka.


Banyak media coverage telah mengangkat bahanya keberadaan monyet di India. Salah satunya di kota Himachal Pradesh, terdapat 86 kasus serangan monyet sepanjang 2017 hingga 2018. Menyikapi hal tersebut, pemerintah India mempertimbangkan cara mengendalian populasi monyet dengan Immunicontraception—pemberian vaksin yang membuat monyet mandul, tentunya monyet-monyet tersebut akan mendapat perhatian khusus. Artikel lengkapnya bisa cek di sini

2. Banyak Gelandangan


Tak dipungkiri, padatnya penduduk di India menyebabkan permasalahan kesenjangan sosial yang tinggi—menempati negara ke-3 yang dimana pajak negara hanya menutup kesenjangan pendapatan sebesar 2,6%, terkecil di dunia (Usatoday.com, 2019). Berdasarkan IGH (2018); Habitat, (2019), jumlah penduduk yang tidak memiliki tempat tinggal sebanyak 1.8 juta jiwa yang dimana 52% menetap di daerah perkotaan. Selain itu, kurang lebih 73 juta keluarga tidak mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Selama aku di India, banyak sekali aku temui papan peringatan yang bertuliskan ‘Dilarang tidur di jalanan’. Banyaknya papan tulisan ini sama banyaknya seperti tanda dilarang buah sampah sembarangan di Indonesia, loh! Bahkan, di tempat umum seperti stasiun kereta, jalanan tempat wisata pasti banyak kutemukan homeless family. Hal ini tentunya juga yang menyebabkan India dinilai kumuh dan kotor di mata wisatawan asing. India, needs a lot of helping hands, indeed.

3. Masala Chai


Minuman yang palng identik dengan India adalah Masala Chai. Masala Chai adalah minuman teh dengan komposisi teh hitam dan campuran rempah-rempah India yang beraroma. Minuman ini telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia, menjadi menu andalan di banyak rumah kopi dan teh. Aku sangat merekomendasikan kalian untuk beli dan cobaain ini, apalagi kalo kalian seduh hanget-hanget, wah super enak banget deh!

4. Ahli Tawar Menawar


Seperti di Indonesia, ketika kalian mengunjungi toko-toko
cendera mata di sekitar tempat wisata ataupun toko grosiran akan banyak penjual yang mencoba mencari perhatian kamu! Contohnya :
 ‘Madam-madam! Come inside!’ 
Ya semacam ‘Apa cari kak? Lihat-lihat dulu boleh’😂. Sebagai wisatawan asing, kamu harus cermat,ya! Harga yang mereka tawarkan bisa dua kali lipat lebih mahal. Kalo kamu belum mendsapatkan harga yang sesuai, coba tahan dulu, barang kali masih banyak opsi barang dengan harga yang menggiurkan lainnya di toko yang berbeda. Jadi, tingkatkan kemampuan tawar menawar kamu, ya!

5. Kereta Kipas Angin? Ada!

Fredderric Soreau/Getty Images

Kereta api yang terdapat kipas angin mungkin terkesan biasa saja. Tapi, bagaimana kalau 1 gerbong kereta bisa terdapat puluhan kipas angin? 😱 

Kereta ini termasuk kategori Second Class (2S), sangat cocok bagi kamu jika ingin traveling antar kota dengan budget yang minim. Tapi, aku ga merekomendasikan jika perjalanannya melebihi 5 jam dikarenakan kereta second class sangat tidak seat friendly. Dikhawatirkan, badan kamu bisa pegal-pegal setelah traveling. Selain itu, selalu siapkan masker ataupun hand sanitizer karena selain agak kotor, kereta ini sering dipenuhi oleh orang-orang ilegal—tanpa melakukan pemesanan tiket.

Ohiya, Indian Railways terdapat 5 kelas kereta sesuai dengan tingkat kenyamanan dan hargannya. Yaitu, (1) Unreserved Class, (2) Second Class, (3) Air-Conditioned Class, (4) First Class Air-Conditioned, dan (5) Executive Air-Conditioned Chair Car. Berikut ini ilustrasi yang menggambarkan kelas di Indian Railways:


 Lisa Fasol / © TripSavvy 2018

Kamu bisa memilih kereta yang paling nyaman dan sesuai dengan budget kamu, deh! Informasi lengkapnya bisa cek di sini ya.  

Itulah 5 hal unik di India versi aku. Semoga tulisan ini bermanfaat. Aku pamit undur diri ya, peeps!


You May Also Like

0 komentar